Cara Cepat Merubah File Foto Peserta UNBK Ke Dalam Bentuk ZIP Sekaligus dan Terpisah

loading...
Dikarenakan adanya fitur upload foto pada Kartu Peserta UNBK, maka hal tersebut mengharuskan Proktor mengupload foto peserta UNBK, dan perlu teman-teman tahu sebenarnya fitur ini bukan fitur baru, karena pada 2 tahun sebelumnya upload foto pada Kartu Peserta UNBK memang sudah di terapkan

Secara umum langkah untuk menguploadnya seperti biasa dan sudah kami sampaikan pada postingan sebelumnya Cara Upload Foto Peserta UNBK. Dan langkahnya pun sangat mudah kami yakin semua proktor mampu melaksanakannya tanpa ada kendala.

Baca Juga :


Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa kendala itu pasti terjadi, dan biasanya dalam mengupload foto peserta UNBK ada 2 pekerjaan yang bisa saja sangat menghabiskan waktu, dan ini pun dapat menjadi kendala tersendiri yang di alami oleh proktor.

  1. Me-Rename file foto peserta UNBK sesuai dengan ID peserta UNBK.
    Hal ini mungkin terlihat mudah dan seharusnya tidak akan menjadi masalah, karena saya yakin tidak ada proktor yang tidak mampu merubah nama file foto peserta UNBK dan menyesuaikannya dengan ID peserta UNBK, tetapi itu semua tidak menjadi masalah jika peserta didik yang ada di sekolah anda sedikit, misal 10 atau 20 orang. Tetapi bayangkan jika peserta UNBK pada sekolah anda berjumlah ratusan, 100 siswa, 200 siswa bahkan 300 siswa atau lebih. Butuh waktu berapa lama anda untuk dapat menyelesaikan nya ?

    Cukup teman-teman kerjakan jangan hanya membayangkan, nanti malah tidak akan selesai.
  2. Memasukan file foto peserta UNBK tersebut ke dalam bentuk ZIP secara masing-masing.
    Dan pertanyaannya pun sama "Butuh waktu berapa lama anda untuk dapat menyelesaikan nya ?". Jika anda menggunakan cara yang biasa kita lakukan atau bisa saya bilang itu cara manual yang sebenarnya cara tersebut memang tidak salah.

Untuk masalah yang pertama saya belum dapat memberikan tips untuk meringankan beban teman-teman proktor, dan saya hanya mendoakan kepada teman-teman semua semoga kepala sekolah anda pengertian.

Tetapi untuk masalah yang pada poin ke 2, saya mempunyai solusi agar teman-teman dapat merubah file foto peserta UNBK ke bentuk file zip hanya dengan sekali klik. Dan file zip yang dihasilkan tidak menggabungkan semua file foto peserta UNBK dalam 1 file zip, melainkan file zip nya akan berbentuk terpisah satu sama lain sesuai dengan jumlah file foto peserta UNBK yang temen-teman miliki.

Berikut adalah langkah cepat merubah file peserta UNBK ke dalam bentuk ZIP secara otomatis dan terpisah satu sama lain untuk kepentingan upload foto pada kartu peserta UNBK.


  1. Siapkan file foto peserta UNBK yang telah di rename dalam bentuk .jpg atau .png
  2. Download software pendukung Disini
  3. Instal software yang telah di unduh (penginstalan cukup sederhana anda hanya perlu menekan tombol next hingga selesai)
  4. Buka software ROMzipper yang telah anda instal
  5. Cari folder dimana anda menyimpan file foto peserta UNBK yang telah di rename 
  6. Pilih semua file foto yang ingin anda ubah ke dalam bentuk zip sekaligus 
  7. Pilih menu ZIP file dan akan muncul jendela browse dan anda dapat memilih folder mana yang akan di jadikan tempat untuk meletakkan file zip yang akan di buat, kemudian klik OK 
  8. Selamat file foto peserta UNBK telah anda ubah sekaligus dalam bentuk ZIP, anda dapat melihat file yang telah di ubah dalam bentuk ZIP di folder yang telah anda pilih untuk meletakkan file ZIP yang akan di buat sebelumnya.


Demikian yang dapat saya bagikan kepada teman-teman semua, semoga bermanfaat dan jika ada yang ingin di tanyakan bisa tulis di kolom komentar, dan jika postingan ini di rasa bermanfaat bagikan ke teman-teman lainnya agar lebih banyak lagi teman-teman kita yang terbantu pekerjaannya.

Sekian dari saya, Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

0 Response to "Cara Cepat Merubah File Foto Peserta UNBK Ke Dalam Bentuk ZIP Sekaligus dan Terpisah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Mgid

Iklan Bawah Artikel