Cara Membuat Bootable USB Windows Tanpa Software Apapun

loading...

Cara Membuat Bootable USB Windows Tanpa Software Apapun

bootable windows

Bagi teman -teman pengguna netbook yang tidak dilengkapi dengan DVD-ROM, tentunya  saat  akan menginstall Windows melalui Bootable USB merupakan pilihan utama. Dari berbagai cara membuat bootable USB Windows, kebanyakan dari mereka akan mengharuskan kamu untuk menggunakan software tambahan. Yaah… cara tersebut memang cukup mudah. Tapi pada kesempatan kali ini saya akan sharing bagaimana cara membuat bootable USB Windows tanpa menggunakan software apapun. Yakin deh cara ini lebih simple dan lebih mempersingkat waktu kerja kita.

1. Pertama teman-teman hanya perlu menyiapkan USB Flashdisk yang siap untuk di format dan File ISO Windows Installer. 

2. Kemudian pasang (colok) flashdisk di PC/Laptop, setelah flashdisk terdeteksi buka Run (Win + R) - ketikkan diskpart - Enter

3. Window CMD diskpart akan terbuka, ketikkan list disk - Enter

4. Lihat Disk berapa USB flashdisk kamu. Kamu bisa mengetahuinya dengan mudah melalui ukuran (kapasitas) flashdiskmu. Dalam contoh ini, USB flashdisk saya ada di Disk 1.

5. Setelah itu, ketikkan select disk 1 - Enter

6. Ketikkan clean lalu tekan Enter untuk menghapus partisi, file system, dan data yang masih tersimpan di USB Flashdisk. Pastikan proses cleaning diskpart tersebut berhasil.

7. Kemudian ketikkan create partition primary - Enter. Pastikan proses pembuatan partisi berhasil.

8. Setelah itu jadikan partisi tersebut sebagai active dengan cara mengetikkan active - Enter. Pastikan partisi sudah berhasil di set sebagai active.

9. Format partisi tersebut dengan file system FAT32. Caranya cukup ketikkan format fs=fat32 label=rudianto quick - Enter (ubah nama label dengan nama yang kalian inginkan)

10. Setelah berhasil, maka flashdisk kalian sudah menjadi partisi primary yang aktif dan bootable. Close window diskpart dengan mengetikkan exit.

11. Kini kamu tinggal mount saja file ISO installer Windows yang sudah di siapkan sebelumnya dan copy semua isinya ke flashdisk tersebut.

12. Setelah semua isi tercopy kedalam flashdisk, maka flashdisk kalian sudah siap untuk kamu gunakan untuk menginstall Windows.

BTW, kalian sudah berhasil membuat bootable USB Windows tanpa menggunakan software tambahan apapun. Selamat yaa teman -teman.

Jika Video ini dirasa bermanfaat silakan Like dan Subscribe. Terimakasih

8 Responses to " Cara Membuat Bootable USB Windows Tanpa Software Apapun"

  1. Sekarang saya bisa instal windows pake fd.. Bermanfaat bgt artikelnya.. Lanjutkan.

    ReplyDelete
  2. Hoo gt ,kirain cma bisa lewat cd doang .Ilmu baruu.

    ReplyDelete
  3. Saya suka saya suka... Sama mas rudi

    ReplyDelete
  4. bukannya moun iso tetap harus pakai software kakak?
    kecuali windows 10

    ReplyDelete
    Replies
    1. iso bisa di buka dengan winrar, jadi mas riza cukup extract iso menggunakan winrar ke fd mas riza.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Mgid

Iklan Bawah Artikel