8 Tips Mengambil Gambar Bagi Kamu Para Solo Travelers, Wajib Kamu Ingat Nih!

loading...
Assalamu'alaikum guys.
Buat kamu yang lebih memilih pergi sendirian, atau sering di sebut solo traveler, tentunya tidak ingin melewatkan momen seru, juga tempat indah dan keren yang kalian singgahi kan, yang biasanya dengan cara mengabadikannya dalam sebuah jepretan foto untuk dijadikan kenang-kenangan di masa yang akan datang. Lalu bagaimana mengambil foto yang kece untuk kamu yang berpergian sendirian atau solo traveler?
Simak Tips nya di bawah ini yah!

8 Tips Mengambil Gambar Bagi Kamu Para Solo Travelers, Wajib Kamu Ingat Nih!

Solo traveling atau bepergian seorang diri layak kamu coba untuk kamu yang menginginkan suasana baru. Karena saat kalian melakukan solo traveling, banyak banget kebebasan yang bakal di rasain. Mulai dari mau pergi kemana, durasi liburan yang tentunya kamu tentuin sendiri, trus mau makan apa, mau pergi naik apa, dan tentunya masih banyak lagi yang bisa kamu tentuin sendiri dan sesuka hati kamu.

Solo traveler bakal jauh-jauh dari aturan yang membelenggu hidup kamu, sehingga momen traveling dapat kamu nikmati dengan maksimal. dan sebelum kamu memutuskan untuk pergi sendirian, ada beberapa peralatan dan tips nih yang dapat menunjang perjalanan kamu, dari mulai gadget, kamera dan aksesoerisnya. Agar jepretan foto selama liburan kamu akan berkesan dan bisa dijadikan cerita buat keluarga, sahabat, dan anak cucu kamu nanti.

Berikut yang perlu diperhatikan solo traveler ketika menjepret foto. Silakan disimak yah!

1. Memasukkan Tripod dalam Barang Bawaan


Solo traveler disarankan membawa tripod portabel sebelum berangkat liburan. Alat ini akan membantu kamu untuk mengambil gambar pemandangan bukit, daerah tepi, serta pohon besar. Tripod portabel juga bisa dimanfaatkan traveler untuk menghasilkan framing foto yang baik.


Kamu sebaiknya meletakkan kamera di tempat yang tak begitu jauh dan tak begitu dekat dengan objek foto. Dengan begitu, pemandangan di belakang akan nampak jelas pada foto yang diambil. Jangan lupa juga untuk memakai timer atau remote agar waktu menjepret bisa diatur sesuai keinginan. Oke, bro?

 Jika memungkinkan, bawalah kamera yang disertai fitur koneksi Wi-Fi untuk liburan. Kamera tipe ini tentunya bakal mudah dioperasikan dengan smartphone. Kamu pun tentunya bisa mengunggah hasil foto ke media sosial dalam waktu cepat. Praktis, bukan?

2.  Membuat Foto Seolah-olah Bercerita


Sebelum memotret, solo traveler baiknya mempertimbangkan sejumlah hal penting terkait komposisi foto. Tambahkan cerita di dalam foto yang hendak kamu ambil agar hasilnya terlihat lebih menawan. Sebagai contoh, kamu bisa menjepret foto sebuah bangunan kuno cantik dengan latar warga setempat lalu-lalang di sekitarnya.
Foto berisi cerita unik tentunya akan lebih istimewa dan memorable dibandingkan foto selfie di depan spot wisata tertentu. Oleh sebab itu, traveler hendaknya menambah kepekaan saat menyambangi sebuah lingkungan baru. Cobalah jeli dalam mengamati panorama sekitar untuk mendapat hasil foto menarik.

3. Menyiapkan Kamera Multi Fungsi


Solo traveler penyuka fotografi baiknya memiliki kamera berkualitas tinggi yang mudah dibawa saat liburan. Pasalnya, alat ini merupakan investasi terbaik yang bisa digunakan untuk jangka waktu panjang. Kamu bisa membawa kamera mirrorless yang diketahui punya fitur sama seperti kamera digital SLR.

Kamera mirrorless memiliki sejumlah keunggulan, salah satu contohnya adalah bobotnya lebih ringan daripada kamera digital SLR. Perjalanan traveler pun takkan terbebani ketika membawnaya. Di samping itu, kamera mirroless juga disertai fitur Wi-Fi sehingga kamu bisa mengunggah gambar ke media sosial secara lebih mudah.

 4. Mencari Sudut Pandang Terbaik ketika Memotret


Untuk membuat foto terlihat lebih menarik, solo traveler hendaknya mencari sudut pandang menarik ketika menjepret. Trik sederhana ini akan membuat foto terlihat unik dan berbeda. Anggaplah lensa kamera sebagai mata yang kamu pakai untuk melihat.

Ambilah gambar dengan posisi yang tinggi dari penglihatan. Jika hendak mengambil gambar panorama alam, kamu tentunya bisa menaruh kamera di bawah. Jangan lupa juga yah untuk memanfaatkan fitur zoom untuk melihat objek lebih jelas. Semoga menemukan sudut pandang yang keren ya bro!

5. Menyelipkan Karakter dalam Foto


Banyak objek foto unik yang bisa dijepret solo traveler ketika liburan, salah satu contohnya seperti panorama indah suatu destinasi wisata. Foto yang menggambarkan kehadiran manusia di dalamnya juga tak kalah menarik dengan foto pemandangan, loh. Hasilnya bahkan dapat lebih karismatik dibandingkan foto-foto lain.

 Jika tertarik memotret foto manusia, sebaiknya kamu menggunakan sudut over-the-shoulder. Pikirkan posisi terbaik agar kamu mampu terlihat menarik di dalam frame. Jangan lupa mengingat hal ini ketika menjepret foto yah!

6. Meminta Pertolongan Orang Lain


Jika kesulitan mengambil foto sendirian, kamu bisa meminta bantuan orang lain di sekitar. Tunjukkan sikap sopan dan ramah saat meminta bantuan agar mereka tidak merasa tersinggung dan mereka pasti akan senang hati untuk membantu kamu. Jangan lupa untuk menjelaskan hal-hal teknis seputar penggunaan kamera kepada mereka, agar kualitas foto kamu tetap terjaga.

 7. Pencahayaan


Aspek penting lainnya yang memengaruhi kualitas foto adalah pencahayaan. kamu sebaiknya mengatur kadar cahaya secukupnya agar foto yang kamu ambil terlihat menarik. Bila hendak menjepret foto di bawah sinar matahari yang terang, fotografer baiknya mengambil objek di tempat yang lebih teduh atau gelap. Oke?

 8. Mengedit

Saat pergi solo traveling, wisatawan mungkin akan lebih banyak mengambil foto di luar ruangan. Kebanyakan gambar tentunya mungkin terlalu terang. Untuk itu, kamu sebaiknya mengeditnya terlebih dahulu sebelum mengunggah hasilnya ke media sosial.

Selamat bersenang-senang dan harap berhati-hati yah!
Demikian 8 tips memotret foto bagi solo traveler ketika liburan. Semoga informasi ini bisa kamu jadikan referensi ketika pergi seorang diri ke tempat jauh. Jangan lupa mengaplikasikan 8 hal di atas bila hendak memotret banyak hal!



7 Responses to "8 Tips Mengambil Gambar Bagi Kamu Para Solo Travelers, Wajib Kamu Ingat Nih!"

  1. Replies
    1. Iya, semoga bermanfaat ya ka, Tapi klo bisa jangan lama-lama sendiri ya ka, biar ga sedih klo lagi solo traveling trus liat truk gandengan.. ahaha

      Delete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Klo saya ga berani solo traveling

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Waah..iyaa..
      Kamu juga harus semangat terus yah..

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Mgid

Iklan Bawah Artikel